expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 18 Maret 2015

All Rider Agito

Nah, sekarang saya akan meriview tentang Kamen Rider Agito. Kamen rider ke 2 era Heisei (istilah ini aja saya baru ngerti) ini menceritakan tentang pemuda yang hilang ingatan. Ketika ditemukan, dia menggenggam sebuah amplop kosong yang bertuliskan “Kepada  Souichi Tsugami” dan, akhirnya keluarga yang mengadopsinya menamainya menjadi Souichi Tsugami. Diceritakan di “Kamen Rider Agito Special Trasformation” kalau yang merawatnya saat dirumah sakit dan memperkenalkannya pada Profesor Yoshihiko Misugi (yang akhirnya mengadopsi) adalah seorang psikolog yang bernama Kunieda Higashi dan meminta kepada Profesor Misugi untuk merawatnya sampai ingatannya pulih.

Catatan : sbenernya gak bisa disebut adopsi sih, si souichi udah gede dan kelihatan perannya di keluarga ini lebih cenderung kerja bersih-bersih rumah dan memasak. Lebih cenderung jadi  ideal housewife gitu  . Souichi melakukannya dengan senang hati untuk balas budi karena sudah diijinkan tinggal di rumah Profesor Misugi selama ingatannya belum pulih.

Ini nih penampakannya si Souichi 

Yak lanjut lagi, Souichi Tsugami ini tidak ingat apapun tentang masalalunya tetapi ada suatu keanehan dalam dirinya. Dalam waktu waktu tertentu, dia bisa mendeteksi keberadaan Unknown (monster di serial ini) dengan instingnya. Saat berubah pertama kali pun ia seperti tidak sadarkan diri karena mencoba menyerang Hikawa Makoto (Kamen Rider G3) yang saat itu sudah heavily wounded karena kalah melawan Unknown. Saat akan melakukan rider kick, dia tiba tiba bingung kenapa berada di tempat itu, dan akhirnya menyadari kalau dia berubah jadi wujud manusia yang lain.

Diceritakan kalau Souichi akan mengingat kembali masa lalunya untuk jangka pendek (cuman beberapa episode). Memorinya kembali ketika dia terlempar ke sungai setelah pertarungan melawan Kamen Rider Gills (Ryo Ashihara). Tapi yang saya benci, kenapa ingatannya hilang lagi tanpa sebab. Padahal ketika ingatannya kembali, Souichi mampu menggunakan Trinity Form (3in1) yang penampakannya begitu cool.. 

Kepolisian jepang sedikit takut dengan keberadaan agito dan beberapa kali mencoba menangkapnya. Percobaan pertama gagal karena yang kena bukan si Souichi tetapi si Ashihara (gills). Tapi tau sendiri kan kalau si Gills ini sebenarnya Imortal (tonton episode final). Jadi Tim penangkap Agito dihajar habis-habisan karena Gills mengamuk sampai akhirnya dihentikan oleh Hikawa Makoto.

Percobaan kedua berhasil dan akhirnya terbongkar identitas Souichi yang sebenarnya. Yang mengetahui kalau Souichi itu Agito hanya Ozawa Sumiko (designer G3 dan G3X) dan Toru Hojo (yang paling aku benci). Dan akhirnya Hikawa Makoto mengetahui kenyataan yang sebenarnya dan meminta kepolisian tidak menangkap Souichi seperti rencana yang sebelumnya.

Penampakan si Hojo Toru 

Si Souichi pada episode 40an akan pulih lagi ingatannya (kali ini permanen) dan mengatakan pada keluarga Misugi untuk tidak memanggilnya Souichi lagi karena Souichi adalah nama pacar Kakaknya (nyesek bro). Namanya yang aslii adalah Sawaki Tetsuya, meskipun sampai akhir cerita tetep dipanggil Souichi Tsugami. 


Nah untuk briefing sekian dulu, ayo kita lanjut ke review para Rider :

Kamen Rider Agito

Ground Form. 
Berwarna emas kekuningan dan sangat ahli dalam martial dan hand to hand combat. Hisatsu (finishing move)-nya berupa Rider Kickdimana tanduk di kepalanya akan mengembang terlebih dahulu dan muncul agito’s mark di tanah. Ini menandakan bahwa agito sedang dalam power maximum untuk melakukan hisatsu waza. Setelah agito’s mark terserap di kaki nya. Dia melompat dan mengeksekusi lawannya. Di versi lain, jika rider kick digabungkan dengan Machine Tornader (motor si Souichi) dalam Slider Mode, akan menghasilkanRider Brake Kick (tendangan ngerem dadakan). Tameng si Scorpion Unknown aja sampai jebol. 

Storm Form.
Dalam form ini, Agito akan berubah warna jadi biru dan menggunakan senjata berupa Storm Halberd. Kelebihan dalam form ini adalah faktor kecepatan. Hisatsu wazanya berupaHalberd Spin. Dia memutar tombaknya untuk menciptakan pusaran angin lalu membelah lawannya menjadi 2 secepat kilat. Gabungan Storm form dan Machine Tornader juga pernah digunakan sekali. Gak jauh beda dengan Rider Brake Kick tetapi kali ini menggunakan senjatanya untuk hisatsu.

Flame Form. 
Dalam form ini agito akan menggunakan pedang. Warnanya juga berubah menjadi merah. Yang demen sama kuuga pasti tau, pegasus form kan ? Sense ability Flame Form ini mirip dengan kuuga. Hisatsunya (Saber Slash) membuktikan kalau Agito memperhitungkan waktu yang tepat untuk menebas musuhnya dengan sense ability nya. Ketika hisatsu dalam Flame Form, gak hanya tanduk dikepalanya yang mengembang, tp tanduk di pedangnya juga ikut mengembang. Dalam Hyper Battle Video, diperlihatkan dalam hisatsunya Agito mampu mengeluarkan 2 pedang dan melakukan Double Saber Slash. Canggih bener dah.. 

Trinity Form. 
Sulit njelasinnya, tetapi Trinity Form adalah bentuk ultimate dari ketiga bentukFire Storm Attack dimana halberd dan saber digunakan berdampingan untuk menebas musuh. Ada juga versi ke 2 dari rider kick berupa Rider Shoot dimana kicking power Ground akan digabung dengan Fire dan Storm Form.
sebelumnya. Dengan menggabungkan power dari Ground Form, kecepatan Storm Form, dan kepekaan dan keakurasian dari Flame Form. Senjata yang digunakan berupa Halberd dan Saber dari 2 form sebelumnya. Hisatsunya berupa

Burning Form. 

Ini nih versi ganasnya agito. Armor ditubuhnya terlihat begitu natural dan gahar. Dalam mode ini, Souichi kelihatan kurang bisa mengontrol emosinya diawal pemakaian. Terlihat bagaimana ia mencoba menyerang Kuneida Higashi ketika murka karena Unknown yang dihajarnya kabur. Meski terlihat susah dikendalikan, tetapi tekad Souichi berhasil membuatnya menguasai Burning Form dan akhirnya berevolusi ke Shining Form. Senjata yang dimiliki oleh Burning Form adalah Shining Caliber, yang berbentuk dual blade yang tersambung (single mode). Ketika digunakan dalam burning form, Shining Caliber digunakan dalam twin mode atau sebagai dual bladed sword. Hisatsu wazanya bernama Burning Bomber, memotong musuhnya dengan senjatanya disertai kobaran api yang menjilat-jilat. Dibanding form agito yang lain, Burning adalah yang paling lambat. Tetapi dari segi power  benar benar naik tp tentunya masih kalah dengan Shinning Form 


Shining Form. 
Bentuk evolusi dari Burning Form ini dibangkitkan dengan menyerap energi matahari. Kekuatan pukulannya gak beda jauh dari Burning tp untuk kicking power dan yang lainnya, benar benar naik dengan drastis. Jangan khawatir kalau Souichi gak akan bisa berubah jadi shining tanpa matahari. Dalam pertarungannya yang terakhir, dia berubah dari mode manusia dan langsung masuk ke Shining Form. Pengen tahu kalau lawan ultimate kuuga nanti kayak gimana..  Senjata yang digunakan sama dengan Burning Form. Tetapi kali ini digunakan secara terpisah. Dengan begitu dia bisa perform Shining Clash attack, yaitu membelah musuh dengan kecepatan supersonic, dan tentunya dengan twin mode.. 


Untuk Hisatsu wazanya, Shining memakai versi terkuat dari Rider Kick yaitu Shining Rider KIck. Kali ini agito’s mark tidak berada ditanah, melainkan terukir diudara. Ketika dilewati oleh Souichi, lambang itu akan terbakar dan mempercepat dan memperkuat  tendangan tersebut.  Di final episode, terlihat kalau Shinning Form dapat menggandakan agito’s mark dan memperkuat tendangannya. 

Kamen Rider Gills

Ini nih yang gua demenin dari serial ini. Selain desain armornya yang natural, gaya bertarung Ryo Ashihara ini bener bener ganas. Ryo Ashihara sendiri gak ngerti bagaimana dia bisa dapat kekuatan gills. Gills beda dari agito karena gills adalah imperfect form dari agito. Ryo sebenarnya adalah anak kuliahan yang mengikuti kegiatan ekstra renang dan berhasil menjuarai beberapa lomba sebelumnya. Lalu dia mengalami kecelakaan yang sangat parah yang akhirnya memicu perubahannya menjadi gills. Hal ini bisa dilihat dimana kemampuan berenang dan menyelam Ryo meningkat. Ketika mengikuti lomba terakhirnya, kepalanya mendadak sakit ditengah pertandingan dan akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Dokter mengatakan ada yang aneh dalam tubuhnya. Tubuhnya seperti menghasilkan panas yang berlebih dan jantungnya juga berpacu lebih cepat. Ryo memutuskan untuk berhenti renang karena menyadari tubuhnya tidak normal dan akhirnya mendapatkan kabar mengenai Ayahnya yang hilang. 


Henshin pertama kali di episode 6, dia berubah untuk menolong mantan pacarnya (Mayumi Kitahira) yang diserang oleh Cobra Unknown. Kalau kalian udah tonton kesannya pasti ngeri, karena gaya bertarung gills yang ganas dan terkesan brutal. Karena tubuhnya adalah hasil perubahan tidak sempurna dari agito, setiap kali dia berubah, tubuhnya akan semakin
melemah.
Yang kanan itu Sakaki Aki 

Kemudian, setelah mendengar kabar tentang ditemukannya jenazah ayahnya, Ryo menemukan sebuah catatan dimana ada nama beberapa orang didalamnya yang akhirnya diketahui kalau mereka naik kapal yang sama dengan ayah Ryo (kapal fery Akatsuki Gou)

Dalam perjalanan pencarian itu, dia akhirnya terbunuh karena Psikokinesis (cari di google) oleh Katsuhiko Sagara. Tetsuya Sawaki (temennya overlord of dark, bukan yang jadi agito) akhirnya menemukannya dan meminta Kazaya Mana (yang imut itu loh gan..  ) untuk menghidupkannya kembali. Setelah dihidupkan kembali, susunan tubuhnya berubah. Efek melemah setelah henshin menghilang sehingga dia bisa mengatur kekuatannya lebih baik. Tp yang gak enaknya setelah itu, gaya bertarung gills agak melemah. Gak gahar seperti dulu lagi.. 

Kaoru Kino (another agito tak jelasne nanti) menyerang Ryo hingga tulang dadanya remuk. Ketika nyawanya hampir tak terselamatkan Koji Majima (salah satu member Akatsuki Gou) memutuskan untuk mentransfer kekuatan agito miliknya untuk menyembuhkan Ryo dan memberikan final form untuk Ryo yaitu Exceding Gills.


Statistiknya woy !

Gills Form

Seperti yang dijelaskan diatas, perubahan menjadi gills beresiko besar bagi tubuh Ryo. Tetapi berkat Kazaya Mana , tubuh Ryo menjadi kebal dari after henshin side effect. Dalam pertarungan, gaya bertarung gills yang ganas bahkan mampu menyamai kemampuan Agito (lihat waktu Souichi kembali ingatannya untuk pertama kali). Hisatsu wazanya berupa Gills Heel Claw.  Pernah liat ayam kan ? dalam finishing move nya, gills melompat keudara dan membantingkan kakinya kebahu lawannya. Taji di kakinya yang memanjang menusuk bagian bahu belakang dari lawannya. Lalu menghentakkan kakinya untuk mendorong lawan dan merobeknya dengan flip kick finisher (browse di youtube kalau pengen jelas  ). Ada lagi hisatsu nya tapi cuma muncul di Hyper Battle Video, yaitu Gills Hell Stab. Gills terlebih dulu melemparkann musuhnya keudara dan menyambutnya dengan kuku di tangannya untuk menusuk perut lawannya.


Exceed Form

Gak terlalu banyak perubahan dalam hisatsu. Cuma tambah gahar penampilannya dan tambahan power untuk Gills Heel Claw. Dimana lawan akan dijerat terlebih dulu dengan Gills Stingers  dan menghantamnya dengan Hisatsu Wazanya.








Kamen Rider G3

Hikawa Makoto adalah seorang polisi sekaligus main user dari G3 Rider System. Si Hikawa ini adalah polisi nekat yang dulunya berhasil menyelamatkan awak kapal Akatsuki Gou yang terjebak ditengah badai. G3 yang pertama kali digunakan menggunakan data data dari Unidentified Lifeform 04 (Kuuga) dan mensintetiskannya dalam bentuk combat suite. Armor ini terlihat lemah diawal episode karena lawannya adalah Unknown (monster di serial ini) yang merupakan rising form dari Grongi (dari serial kuuga). Tetapi, ditengah episode, karena mengalami kerusakan parah, G3 direnovasi dan mendapat beberapa upgrade sehingga mampu melawan Unknown walaupun agak keteteran.

Aku gak akan bahas tentang user lain karena aku benci banget sama yang namanya Hojo Teru. Selain sombong, dia sempat memprovokasi Hikawa dan bahkan merancang Agito’s Capturing Plan. Seneng banget waktu liat V1 system diancurin sama Hikawa di duel lawan G3-X (takbahas nanti).

Ditengah serial, ketika Gills mengamuk karena mengira kalau Sakaki Aki dibunuh oleh agito, G3 datang dan ikut campur dalam pertarungan. Karena merasa terganggu, Gills menghajar dan menghancurkan G3 combat suit hingga tak bisa berfungsi lagi. Ozawa Sumiko menyatakan kalau, kehancuran G3 ini bukan salah Hikawa sebagai user, tetapi memang G3 adalah system yang belum sempurna. G3 hanya digunakan untuk mengumpulkan data yang akan digunakan untuk pembuatan G3-X.

Sementara itu, Hojo Toru mengajukan V1 Rider System untuk menggantikan sistem G3 yang dianggap tidak efektif dan gak berguna (jeleb). Sumiko mempro

tes keputusan Kepolisian Jepang dan akhirnya diputuskan kalau yang terbaik diantara system tersebut akan digunakan untuk membasmi Unknown. Proyek pembuatan V1 System dirancang oleh guru dari Sumiko sendiri. Nah lo.. 

G3-X menggunakan teknologi AI (sistem kompi yang bisa menyerap data dan mempelajari nya secara otomatis) yang dicap tak terkalahkan. Terbukti saat si Hojo ini menodongkan pistol V1 kearah Hikawa dan AI mendeteksinya sebagai ancaman dari musuh. Langsunglah di hajar dan diremukin V1 system yang belum lunas cicilan pembuatannya..  . Meskipun terbukti hebat dan dapat mengalahkan Unknown dengan mudah, sistem AI G3-X ini terlalu kuat hingga mengambil alih kendali dari usernya. Meskipun ketika dipakai oleh Souichi Tsugami telihat aman aman saja (agito gitu loh).

Gurunya Sumiko akhirnya mengundurkan diri dari proyek V1 dan memberikan AI compressor agar Hikawa dapat memakainya. Menurut ane sistem AI itu yang paling canggih, eh ternyata ada versi G4 yang menggunakan sistem Manouver Prediction. Liat deh duelnya di movie nya  Hikawa melepas helm nya karena tau kalau sistem AI bukan tandingan G4 dan akhirnya dia bertarung sebagai dirinya sendiri. Dan menang deh meskipun bukan epic. 

Equipment

Guard Acceler
Jutte yang berasal dari grip motor Guard Chaser
GM-01
Handgun yang berisi 100 peluru
GG-02
Dibuat berpasangan dengan GM-01. Sebuah grenade launcher bung. 
GS-03
Pedang besi yang dibuat bergetar dengan frekuensi tiinggi. Mampu membelah baja yang tebal sekalipun
GA-04
Pelontar jangkar. Untuk mengikat musuh dan bergelantung seperti Tarzan.. 
GX-05
Gatling gun. Kalau gak ngerti bedil brondong deh..  . Bisa digunakan berdampingan dengan GM-01 sebagai pelontar rudal.
GK-06
Pisau serbaguna
Guard Chaser
Motor yang digunakan oleh G3 sekaligus tempat menyimpan primary weapon dari G3.
             
Kamen Rider G4

Shiro Mizuki adalah mantan tentara dan satu satunya survival dari serangan Unknown di sekolah supranatural yang dijaga pasukannya. Risako Fukami mencuri data dari komputer Ozawa Sumiko dan membuat G4 untuk menyaingi G3-X. Berbeda dengan G3-X yang menggunakan sistem AI, G4 menggunakan system manouver prediction dengan memakai Mana Kazaya sebagai core CPUnya. Disebut sebagai sistem terkutuk karena 9 dari 10 pengguna sebelumnya mati karena sistem ini (ditambah Mizuki jadi genap deh). 

Equipment


GM-01 R4     :modifikasi dari G3-X handgun. Lebih kuat lah pastinya.. 
Gigant         :Misile Launcher. Jangkauan serangan dan damage yang dihasilkan jauh lebih besar jika dibandingkan GX-05

Kamen Rider Another Agito

Kino Kaoru adalah salah satu survival dari Akatsuki Gou. Berhasil membangkitkan kekuatan agito tetapi terpengaruh oleh kekuatan tersebut dan terobsesi untuk menjadi satu satunya Agito di dunia. Seorang jenius dibidang kedokteran tetapi tidak diakui sebagai dokter karena mempunyai lengan transplantasi dari adiknya, Masato. Mereka terjebak digunung salju dan hampir mati terkena radang dingin. Sang adik tak terselamatkan dan si kakak harus diamputasi lengannya. Dalam pertarungan terakhir melawan Exceed Gills, dia menyadari kalau dirinya menyimpang dan akhirnya bertobat ke jalan yang benar.

Kamen rider yang satu ini sangat disayangkan kematiannya. Biarpun Cuma punya satu hisatsu dan gakpunya form lainnya, dalam segi power, kekuatannya hampir menyamaiShinning Rider Kick ! Wujudnya yang seperti Gills ini juga mengundang rasa ngeri tersendiri dan juga membawa tema yang jarang dibawa Kamen Rider sekarang. Ya, red scarfnya itu loh yang langka.. 


Oke bicara soal hisatsu. Hisatsunya diberi nama Assault Kick  dan memiliki kekuatan yang hampir setara dengan Agito Shining Kick untuk masalah tenaga mentah (belum mateng gitu). Gak beda jauh dari Agito Ground Form’s Rider Kick. Bedanya adalah jika agito mengembangkan tanduknya saat hisatsu, si Kino ini akan meringis. Ya ! Saya gak guyon. Pelindung di giginya akan naik dan saat itu juga dia akan mengeksekusi Hisatsu Wazanya.


Secara garis besar ceritanya bener bener bagus. Apalagi duet Hikawa dan Souichi yang biasanya ndagel dan saling adu argument yang gak penting.  Kekurangannya mungkin untuk ending cerita. Konflik terakhir baru muncul di 5 episode terakhir dimana Overlord of Dark memutuskan untuk menghancurkan umat manusia. Yah mungkin kalau sejak awal udah niat gitu pasti lebih cepet endingnya dan gak seseru yang sekarang..

Beli DVD nya ! Jangan donlot terus !


Padahal sini juga donlot..  



Kino Kaoru dan Jagoan Ane..  





1 komentar: